post image

Aplikasi Smart City Maturity – Assessment

Aplikasi ini merupakan lanjutan dari aplikasi SCM (Readiness), jika peserta lolos pada tahap ini maka dilanjutkan tahap “Assessment” artinya penilaian Indeks Kematangan Kota Cerdas menggunakan  indikator yang ada pada SNI ISO 37122:2019 yang berbasis data. Aplikasi ini dirancang oleh konsultan dari Rahadian Consulting (www.rahadian-consulting.com) yang menyusun dokumen persyaratan system (System Requirement Specification) dan melakukan desain untuk kemudian dilanjutkan oleh tim pengembang dari PT Tomo Teknologi Sinergi (www.tomoteknologi.id) untuk membuat aplikasi. Kedua perusahaan tersebut adalah anggota aktif dari PPTI – Perkumpulan Profesional Teknologi Informasi (www.profesional-ti.id).

Peserta yang berminat untuk mengikuti program Indeks Kematangan Kota Cerdas berbasis SNI ISO 37122:2019 dapat melakukan registrasi di website www.smartcitymaturity.id atau menghubungi info@smartcitymaturity.id untuk informasi lebih lanjut.

Tahap 2; ASSESSMENT

Tahap kedua merupakan lanjutan tahap pertama jika peserta dinilai oleh Asesor “Siap” untuk melanjutkan tahap “Assessment”. Setiap indikator Kota Cerdas berbasis SNI ISO 37122:2019 yang dipilih, terdiri dari beberapa elemen, yaitu:

  1. Persyaratan Indikator

Merupakan formula perhitungan indikator berbasis data, terdiri dari pembilang dan penyebut

  1. Sumber Data

Merupakan sumber data yang diperlukan untuk memenuhi persysratan indikator

  1. Interpretasi data

Merupakan pemahaman terhadap data yang disampaikan pada indikator tersebut

PENILAIAN TAHAP “ASSESSMENT “

Penilaian Kota Cerdas terdiri dari 2 kelompok, sebagai berikut:

KELOMPOK

PRAKTEK FUNGSIONAL

PROSES

{penilaian proses capaian indikator setiap tingkat}

DATA

{penilaian proses capaian pengelolaan data untuk setiap indikator }

 

  1. INDIKATOR KOTA CERDAS – SNI ISO 37122:2019

Penilaian terhadap proses yang dilakukan untuk memenuhi persyaratan indikator pada setiap indikator Kota Cerdas yang dipilih berdasarkan SNI ISO 37122:2019

  1. MANAJEMEN DATA

Penilaian terhadap tata kelola data pendukung persyaratan indikator bertujuan untuk memastikan bahwa data yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk indeks Kematangan Kota Cerdas, elemen area proses manajemen Data yang diukur sebagai berikut:

  1. Area Proses: Fungsi Manajemen Data

Fungsi manajemen data mendefinisikan komponen kunci dari aktivitas manajemen data dan memberikan panduan untuk interaksi dalam keseluruhan organisasi. Sumber daya dan penyebaran strategi untuk manajemen data sumber daya dikembangkan berdasarkan tujuan, dalam parameter budaya organisasi dan yang ada struktur organisasi yang akan diintegrasikan dengan fungsi tersebut.

  1. Area Proses: Definisi Persyaratan Data

Definisi persyaratan data menetapkan proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, menentukan secara tepat, memprioritaskan, mendokumentasikan, dan memvalidasi data yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis. Persyaratan data harus dinyatakan dalam bahasa bisnis dan menggunakan kembali persyaratan bisnis standar yang disetujui.

  1. Area Proses: Manajemen Siklus Hidup Data

Siklus hidup data mencakup kegiatan mulai dari pembuatan aset data melalui masa manfaatnya dalam bisnis dan sampai pada pengarsipan atau penghancuran. Organisasi akan mendapat manfaat dari mendefinisikan penggunaan dan ketergantungan data di seluruh proses bisnis untuk data yang penting atau dibutuhkan oleh beberapa proses bisnis.

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...